Cara mudah budidaya tanaman buah pada lahan pertanian maupun tanam buah dalam pot

Cara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah Sendiri

Artikel terkait : Cara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah Sendiri

Cabe rawit adalah salah satu bahan pelengkap yang sangat sering kita jumpai. Cabe rawit bisa digunakan sebagai bumbu campuran masakan untuk menciptakan rasa pedas pada makanan, ataupun sebagai pelengkap saat menyantap gorengan. Harga cabe rawit bisa di bilang sangat fluktuatif, terkadang harga cabe rawit merah bisa membumbung sanagt tinggi pada musim - musim tertentu.

Meskipun banyak petani yang membudidayakan cabe rawit, namun terkadang masih saja dipasaran kita temukan bahwa cabe rawit langka. Kelangkaan cabe rawit sendiri disebabkan banyak faktor, seperti serangan hama ataupun gagal pane akibat cuaaca maupun kualitas benih cabe rawit yang buruk. Nah, berbicara masalah benih cabe rawit. mungkin dari anda disini banyak yang mencoba menanam cabe rawit sendiri dirumah. namun terkadang hasil yang di dapat ketika cabe mulai tumbuh tidak sesuai harapan.

cara membuat benih cabe rawit dari buah

Salah satu modal awal untuk mendapat hasil yang memuaskan ketika menanam cabe rawit dipekarangan adalah dari kualitas benih yang digunakan. Untuk mendapatkan benih yang berkualitas tentu saja anda cukup datang ke toko pertanian dan membelinya sengan beragam harga benih cabe rawit.

Namun bagi anda yang ingin membuat sendiri benih cabe rawit yang berkualitas, mungkin beberapa langkah ini bisa membantu anda dalam pembuatan bibit cabe rawit merah:

Pemilihan Buah Cabe Rawit Yang Baik

Langkah pertama adalah memilih buah cabe rawit yang memiliki kualitas baik dengan tingkat kematangan yang bagus. Jangan membuat bibit cabe rawit dari cabe sisa yang terdapat pada bungkus gorengan anda. Hal ini dikarenakan, cabe rawit yang digunakan tukang gorengan adalah cabe rawit yang masih muda ataupu tidak matang sempurna. Buah cabe rawit yang tidak cukup tua tidak akan bagus untuk di jadikan bibit.

Sebaiknya anda pergi ke Warung sayur ataupun membeli cabe rawit yang sudah merah pada pedagang sayur keliling. Pilihlah cabe rawit dengan warna yang merah dan bentuk buah yang bagus. Cabe rawit yang sudah merah menandakan bahwa bauh cabe tersebut sudah dalam keadaan matang sempurna dan cukup tua untuk dijadikan bibit/benih cabe.

Hal lain dalam pemilihan buah cabe untuk pembuatan bibit yang baik adalah dengan memanfaatkan buah cabe yang anda tanam langsung. Jika anda sudah memiliki batang cabe rawit yang sudah berbuah atau pun tetangga anda ada yang memiliki batang cabe rawit yang sudah berbuah, mintalah bebrapa buah cabe rawit yang telah matang, berwarna merah dan memiliki bentuk buah yang bagus serta tidak terserang penyakit.

Memilih buah cabe rawit untuk dijadikan bibit

Buah cabe rawit yang sudah dipilih tersebut selanjutnya akan dipotong menjadi 3 bagian ( ujung, tengah, pangkal ). Bagian yang diambil untuk dijadikan benih cabe adalah potongan bagian tengah buahnya. Bagian unjung danjuga bagian pangkal buahnya dapat anda buang karena ini kurang bagus untuk dijadikan benih.

Bagian tengan dari buah cabe rawit tersebut lalu dipisahkan antara biji, daging buah dan juga kulitnya. Bagian biji inilah yang nantinya akan kita olang menjadi benih cabe rawit.




Menentukan Kualitas Benih Cabe Rawit Yang Layak Tanam


  • Biji buah yang sudah kita siapkan sebelumnya tidak dapat langsung ditanam begitu saja. Tidak semua biji cabe tersebut layak untuk dijadikan benih. Perlu dipisahkan antara biji yang layak tanam maupun biji yang tak layak tanam.
  • Untuk memisahkan kualitas biji tersebut, pertama anda dapat menyiapkan sebuah wadah seperti gelas plastik. tapi jangan gunakan wadah yang terlalu kecil serta tidak bocor. Karena ukuran wadah yang terlalu kecil hanya akan menyulitkan anda pada proses selanjutnya nanti.
  • Setelah itu siapkan satu siung bawang merah lalu tumbuk atau giling bawang merah tersebut sampai benar - benar halus. Gilingan bawang merah ini nantinya digunakan sebagai bahan campuran untuk media pemisah kualitas biji cabe untuk dijadikan benih.
  • Selanjutnya siapkan air hangat - hangat kuku lalu masukan kedalam wadah gelas plastik yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Lalu campurkan air tersebut dengan gilingan bawang merah yang sudah kita haluskan sebelumnya dan aduh sampai merata.
  • Biji cabe yang sudah disiapkan selanjutnya di masukan kedalam larutan air bawang dalam wadah gelas plastik. Pastikan semua biji cabe terendam secara merata, lalu biarkan semalaman.
  • Setelah satu malam, biji cabe yang diremdam dalam air larutan bawang tersebut sebagian akan terapung dan sebagian lagi akan terbenam. ini merupakan cara sederhana untuk memilih mana benih yang layak tanam dan yang tidak layak tanam.
  • Benih cabe yang layak tanam adalah biji cabe yang dalam kondisi terbenam, sedangkan yang terapung merupakan biji yang tak layak tanam sehingga tidak terpakai dan dapat dibuang. Sedangkan biji cabe yang terbenam selanjutnya ditiriskan sebentar.
  • Biji cabe yang sudah di tiriskan selanjutnya di jemur sampai benar - benar kering. Tapi perlu diperhatikan dalam proses penjemuran jangan dibawah sinar matahari langsung. sinar matahari secara langsung hanya akan membuat benih menjadi mati dan tidak mau tumbuh ketika di tanam.
  • Biji cabe rawit yang sudah kering ini merupakan benih cabe yang siap tanam dan memiliki kualias yang baik.




gambar : berkahpertanian.blogspot.com




Cara Menyemai Benih Cabe Rawit

Peratalan yang diperlukan:


  • Beberapa lembar tisu / kapas
  • Air bersih
  • Wadah berupa pot / ember
  • Penutup wadah

Proses penyemaian benih cabe rawit


  1. Siapkan beberapa lembar tisu atau kapas sebagai alas, lalu basahi dengan air bersih secukupnya.
  2. Sebarkan beberpa benih cabe pada alas dari tisu atau kapas yang dibasahi sebelumnya.
  3. Setelah benih tersebar pada alas, selanjutnya ambil beberapa lembar tisu dan gunakan untuk menutupi benih yang sudah disebar sebelumnya.
  4. Tisu yang digunakan sebagai penutup benih tersebut lalu dibasahi lagi dengan air bersih
  5. Tisu atau kapas yang berisi benih cabe rawit sebagai media semai selanjutnya diletakan kedalam ember / pot lalu di tutup rapat.
  6. Dalam beberapa hari biasanya benih yang disemai akan mulai berkecambah dan siap ditanam ke media tanam berupa pot maupun pekarangan rumah.


Tahapan pembuatan bibit cabe rawit dari buah ini bisa anda praktekan sendiri dirumah. Proses pembuatan yang tidak terlalu sulit serta dengan berbekal bahan - bahan yang cukup mudah ditemui disekitar kita. Bagaimana, tertarik untuk mulai menanam cabe rawit dipekarangan rumah sendiri? atau anda ingin Menanam Cabe Rawit Dalam Polybag?


Artikel Budidaya Tanaman Buah Lainnya :

Copyright © 2018 Budidaya Tanaman Buah