Cara mudah budidaya tanaman buah pada lahan pertanian maupun tanam buah dalam pot

Cara Mematikan Pohon Yang Besar Tanpa Harus Menebangnya

Artikel terkait : Cara Mematikan Pohon Yang Besar Tanpa Harus Menebangnya

Menebang pohon dengan ukuran besar memang bukanlah suatu perkara yang mudah. Selain membutuhkan keahlian serta pengalaman yang cukup, tentunya juga harus dengan peralatan yang memadai. Pohon besar terkadang sering membuat was-was, terutama jika berada di tempat lalu-lalang manusia. Terlebih disaat musim hujan, bisa saja pohon tumbang dan menimbulkan kerusakan pada area sekitarnya baik bangunan, kendaraan maupun keselamatan jiwa.

Masalah lain dari keberadaan pohon besar biasanya adalah sampah yang berserakan dari dedaunan sehingga dapat menyumbat drainase, serta akarnya yang menjalar yang mungkin dapat merusak bangunan sekitarnya. Walaupun sebaiknya kita merawat dan menjaga pohon agar senantiasa bermanfaat, namun ada kalanya kita tidak punya pilihan lain selain menyingkirkan pohon besar tersebut. Nah untuk dapat menyingkirkan pohon besar tanpa harus menebangnya, berikut langkah-langkahnya.

cara mematikan pohon besar tanpa menebang

Cara Membunuh Pohon Besar Tanpa Harus Ditebang

Mematikan pohon besar dengan tidak menebang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun pada artikel kali ini saya akan berikan cara mematikan pohon besar dengan menggunakan racun/herbisida.
Herbisida sendiri adalah racun kimia yang biasanya digunakan untuk pembasmi  gulma maupun tanaman pengganggu. Herbisida tergolong cukup mudah ditemukan, hampir sebagian besar toko pertanian menjual Herbisida dengan berbagai merk.

Alat dan Bahan yang diperlukan :

  • Air
  • Herbisida
  • Ember
  • Kantong 
  • Plastik
  • Tali/karet pengikat
  • Pisau

Langkah-langkan untuk membunuh pohon dengan Herbisida

  1. Siapkan air didalam ember sebagai bahan campuran Herbisida. Takaran untuk pencampuran dapat disesuaikan dengan label yang tertera pada kemasan. Mungkin akan ada sedikit perbedaan dari masing-masing merk Herbisida.
  2. Setelah dicampur dengan air dan diaduk rata, cairan ini sudah bisa diaplikasikan untuk mematikan pohon besar.
  3. Ambil kantong plastik lalu tuangkan cairan Herbisida kedalamnya sampai terisi kira-kira setengah bagian. Cairan ini dapat didiamkan terlebih dahulu dengan menyimpannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan menggali tanah disekitar akar pohon sampai terlihat akar dari pohon yang akan diracun. Pilihlah akar dengan ukuran kecil lalu potong akar tesebut.
  5. Akar yang sudah terpotong tersebut selanjutnya dimasukan ujungnya kedalam plastik yang sudah berisi cairan Herbisida. Pastikan ujung potongan akar terendam dengan baik lalu ikat ujung plastik dengan karet/tali untuk mencegah cairan tumpah dan terbuang.
  6. Untuk mempercepat proses ulangi langkan ke 4 dan ke 5 pada bagian-bagian akar pohon yang lain.
  7. Akar pohon yang terpotong tersebut nantinya akan menyerap cairan Herbisida dan menyalurkannya ke seluruh bagian pohon tersebut. Proses inilah yang akan mematikan pohon besar karena racun yang terkandung dalam Herbisida.
  8. Setelah beberapa hari, anda akan melihat pohon tersebut perlahan akan mati. Hal ini ditandai dengan daun-daun yang muai menguning dan berguguran. Proses ini akan terus berlangsung hingga pohon benar-benar mati.
Cara lain yang dapat digunakan untuk mematikan pohon besar adalah dengan menyuntikan langsung cairan Herbisida kedalam batang pohon. Cara ini dilakukan dengan membuat lubang langsung pada batang pohon dengan dibor. Lubang-lubang itulah yang natinya akan disuntikan cairan Herbisida yang akan diserap langsung oleh batang pohon.

Baca Juga : Insektisida alami untuk tanaman

Walau bagaimanapun, menebang/membunuh pohon bukanlah perbuatan yang bijak. Sejatinya pohon adalah salah satu makhluk yang banyak memberikan manfaat kepada makhluk lainnya. Mulai dari memproduksi oksigen agar udara menjadi lebih segar, maupun sebagai  pelindung dari panasnya sinar matahari. Langkah-langkah dalam mematikan pohon besar tanpa ditebang ini hanya boleh dilakukan jika memang sudah tidak ada pilihan lain selain menyingkirkan pohon tersebut.

Artikel Budidaya Tanaman Buah Lainnya :

Copyright © 2018 Budidaya Tanaman Buah