Cara mudah budidaya tanaman buah pada lahan pertanian maupun tanam buah dalam pot

Mengenal Mangga Alpukat Produk Holtikultural Unggulan Dari Pasuruan

Artikel terkait : Mengenal Mangga Alpukat Produk Holtikultural Unggulan Dari Pasuruan

Ada yang unik dari buah mangga asal pasuruan yang sedang viral ini. Selayaknya buah mangga pada umumnya, namun keunikan dari mangga hasil dari produk holtikultural unggulan dari Pasuruan, Jawa Timur ini dalah dari cara menyantapnya. Mangga alpukat tidak perlu dikupas, untuk menikmatinya cukup dengan membelah buahnya seperti buah alpukat.

Apa itu mangga alpukat?


Mangga Alpukat adalah Mangga jenis Gadung Klonal 21 yang mulai dikembangkan sejak tahun 1994. Mangga alpukat asal Kabupaten Pasuruan ini telah berhasil mendapat penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2013 silam dalam lomba Agribis Holtikultura Tanaman Buah Mangga Tingkat Nasional 2013.

Mangga Alpukat memang merupakan jenis mangga Gadung. Tetapi, karena buah ini matang di pohon serta kondisi tanah disana yang cukup kering, serat buah mangga alpukat jauh berbeda dengan mangga Gadung di tempat lain. Serat yang terdapat pada mangga alpukat Pasuruan lebih lembut dan mudah terlepas dari bijinya. Karenanya, mangga alpukat ini bisa dimakan dengan cara memutarnya pada bagian biji dan langsung disendok seperti ketika makan alpukat.

Mangga alpukat saat ini dibudidayakan hanya didaerah Pasuruan. Salah satunya adalah budidaya mangga alpukat di Kecamatan Rembang, Pasuruan. Disini mangga alpukat ditanam pada lahan seluas 4.000 hektar. Petani mangga alpukatpun tidak perlu susah payah memasarkan hasil panennya, karena pembeli datang sendiri ke kebun mangga alpukat.

mangga alpukat pasuruan
Foto : food.detik.com

Harga Mangga Alpukat Perkilo


Pemasaran mangga alpukat sebenarnya sudah sampai kebeberapa kota besar dipulau Jawa seperti Surabaya. Bahkan pengiriman hasil panen mangga alpukat ini bisa mencapai 5 kwintal dalam sekali pengiriman. Meski begitu para petani umumnya juga melayani pembelian langsung dikebun. Banyak warga dari dalam maupun luar Pasuruan penasaran akan mangga alpukat yang unik ini. Mereka memilih untuk datang langsung dan ada juga yang ingin memetiknya langsung dari pohonnya.

Banyaknya antusias masyarakat untuk mengetahui mangga alpukat asal Pasuruan tidak membuat petani mematok harga mangga alpukat terlalu tinggi. Dari penelusuran kami, harga mangga alpukat sekitar 32.000-35.000 rupiah perkilonya. Harga ini masih tergolong pada batas wajar dan terjangkau.

Harga bibit mangga pasuruan
Foto : http://hortikultura.litbang.pertanian.go.id

Agro Wisata Petik Mangga Alpukat


Salah satu petani mangga alpukat yang cukup dikenal saat ini adalah ketua DPRD Pasuruan Sudiono Fauzan. Beliau sejak awal tahun 2000 telah beralin menjadi petani modern dengan bertani mangga alpukat. Menurut Sudiono, mangga alpukat bisa menjadi Argo Wisata di daerah Pasuruan. Tentunya ini semua butuh proses dan perubahan pola pikir petani yang selangkah lebih maju.

“Mindset masyarakat petani mangga harus selangkah lebih maju, tidak hanya menjual hasil panennya ke pengepul, tengkulak atau ke pasar. Tetapi kedepan segera bersiap untuk menjual mangga dengan sentuhan wisata,” kata Sudiono.

“Saya kira dengan luasan lahan 3500 hektar di wilayah Kecamatan Rembang, sudah bisa jadi jujukan wisata di beberapa sentra mangga alpukat,” tambahnya.

Video Sudiono Fauzan Dengan Mangga Alpukatnya




Bibit Mangga Alpukat Pasuruan


Walaupun saat ini mangga alpukat masih ditemui di daerah Pasuruan, namun banyak juga yang tertarik untuk mencoba membudidayakan atau menanam pohon mangga alpukat. Namun sayangnya untuk menemukan penjual bibit mangga alpukat masih sangat jarang. Penanaman dari biji mangga alpukat pun belum tentu menghasilkan buah mangga yang sama seperti di Pasuruan. Hal ini mungkin saja terjadi karena perbedaan tekstur tanah serta iklim yang berbeda.

Pohon mangga alpukat memiliki batang seperti buah mangga pada umumnya. Seharusnya batang mangga alpukat dapat dicangkok pada batangnya. Pencangkokan perlu dilakukan dengan benar agar hasil cangkokan dapat menghasilkan pohon yang baik

Namun jika anda benar-benar tertarik untuk mencoba mengembangbiakan pohon mangga alpukat, ada baiknya anda datang langsung kesumbernya yaitu daerah Rembang, Pasuruan. Sehingga anda dapat belajar langsung dari petani mangga alpukat disana.

Artikel Budidaya Tanaman Buah Lainnya :

Copyright © 2018 Budidaya Tanaman Buah