Cara mudah budidaya tanaman buah pada lahan pertanian maupun tanam buah dalam pot

Manfaat Serta Ciri-Ciri Pohon Karet Kebo Atau Pohon Karet Merah

Artikel terkait : Manfaat Serta Ciri-Ciri Pohon Karet Kebo Atau Pohon Karet Merah

Pohon karet kebo adalah sebutan dalam bahasa jawa untuk tanaman dengan nama ilmiah Ficus Elastica ini. Ciri-ciri pohon karet kebo ditandai dengan daun yang berwarna kemerahan sehingga banyak juga yang menyebut tanaman ini dengan sebutan pohon karet merah. Walaupun pada alam liar tinggi dari pohon karet kebo bisa mencapai 30 meter, tapi tubuhan ini seringkali dipakai sebagai tanaman hias ataupun tanaman pelindung. Tak jarang pohon karet kebo pun dipakai untuk tanaman indoor dalam pot besar.

Tanaman yang dalam bahasa inggris ini disebut "Rubber Plants" ini semakin populer ditanah air. Meski begitu, sebenarnya pohon karet kebo ini berasal dari Srilanka dan India. Kepopuleran dari tanaman ini karena daun keret kebo dipercaya memiliki manfaat yang mampu menjadi obat bagi berbagai macam penyakit. Nah untuk mengenal lebih jauh tentang pohon karet merah ataupun manfaat daun karet kebo, silahkan simak ulasan berikut.

Ciri-ciri pohon karet kebo

Ciri-Ciri Pohon Karet Kebo


Ciri pohon karet kebo yang pertama adalah dari batangnya yang berkayu dengan warna coklat tua. Bentuk batang karet kebo bulat dengan dilengkapi cabang atau dahan tidak beraturan layaknya pohon besar lainnya. Meskipun biasa ditanam pada pekarangan luas sampai dijadikan tanaman hias dalam pot, nyatanya pohon karet kebo dapat ditemui sampai pada dataran dengan ketinggian 500 meter dpl.

Karet kebo memiliki akar tunggang yang berfungsi untuk menahan bobot batangnya yang besar. Akar ini dapat memperkuat serta memperkokoh batang tubuh pohon karet kebo. Disamping itu, tanaman ini juga memiliki akar gantung atau akar udara seperti pada pohon beringin. Makanya sebagian orang cenderung lebih mengenal tumbuhan ini dengan nama Beringin Karet Merah atau Beringin Karet Kebo.

Dilihat dari bentuk daunnya, karet kebo meiliki daun muda berwarna merah hati. Warna daun inilah yang membuatnya disebut pohon karet merah. Namun seelah dewasa, daun keret kebo akan berubah menjadi hijau tua. Bentuk daunnya lonjong dan tebal dengan pankal yang runcing serta tersusun secara selang-seling. Pucuk daun muda tertutup dengan selaput ocrea dengan bentuk kerucut berwarna merah muda.

daun karet kebo untuk pengobatan stroke

Manfaat Dari Tanaman Karet Kebo Untuk Kesehatan


karet kebo memiliki kandungan kimia dalam setiap bagian tubuhnya. Sebut saja batangnya yang memiliki senyawa lateks yang sering dimanfaatkan orang untuk bahan baku pembuatan karet. Pada bagian Kulit dan akar mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol. Sedangkan daunnya mengandung saponin, tanin dan polifenol yang memberikan efek untuk melancarkan peredaran darah serta bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit.

Manfaat terbesar dari dari tanaman ini adalah untuk pengobatan herbal. Setiap bagian tanaman karet kebo dipercaya mampu mengatasai berbagai permasalahan kesehatan seperti :


  1. Akar karet kebo untuk pengobatan bisul. Caranya dengan mengambil sedikit bagian akar dari pohon karet kebo lalu cuci bersih. Bagian akar tesebut selanjutnya digiling hingga menjadi bubur lalu dibubuhkan pada area yang sakit.
     
  2. Akar karet kebo untuk pengobatan maag. Caranya siapkan sekitar 35 gram akar karet kebo yang telah dicuci bersih. Lalu rebus akar dengan menggunakan 2 gelas air sampai air rebusan hanya tersisa 1 gelas lalu di minum.
     
  3. Akar karet kebo untuk pengobatan rematik. Caranya sama dengan pengobatan untuk maag, akar pohon karet kebo direbus lalu diminum 2 kali sehari.
     
  4. Daun karet kebo untuk pengobatan stroke. Caranya dengan mencincang halus daun karet kebo lalu jemur hingga kering. Daun yang telah kering selanjutnya direbus dengan 3 gelas air menggunakan panci dari tanah liat hingga tersisa 1,5 gelas saja. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari selama seminggu.


ini adalah salah satu kutipan dari seseorang yang telah merasakan manfaat dari daun karet kebo untuk pengobatan stroke

"Assalamu'alaikum Warokhmatullaahi Wabarokaatuh *
Saya hanya ingin sedikit sharing, Ada seorang teman datang kerumah dan mengabarkan bahwa ia telah sembuh dari stroke, Dengan penuh semangat dia bercerita bahwa dia sekarang sudah bisa lari. padahal sebelumnya jalan saja susah dan mesti diseret, juga tangan kiri tidak bisa digerakan.
*Resep Obat Tradisional dengan daun karet kebo*

Caranya:
Minum rebusan daun karet kebo 7 lembar + air 500cc kemudian direbus tunggu sampai mendidih dibiarkan 10 menit.

Akhirnya saya memberikan cerita sekaligus memberikan daun tersebut kepada langganan yang juga kena stroke buat minum 3 hari. dan sekarang sudah sembuh. Setelah beberapa hari dia menelepon dan bertanya beli dimana daun tersebut, Saya bilang petik aja dijalan, tanamannya bnyak dipinggir tol, jalan atau sawah, gak usah beli. karena setelah minum 3 hari dia sudah bisa berjalan dan badan terasa enteng padahal sebelumnya jalan aja nyeret.begitu juga dgn teman adik yg diseberang rumahnya ternyata membaik dengan minum air rebusan tersebut. Mungkin dikarenakan bisa melancarkan peredaran darah, Saya sendiri juga sudah mencoba minum ternyta badan memang lebih segar dan rasa tidak pahit, enak diminum"

sumber : mediakuinformasi.blogspot.co.id



Harga Tanaman Karet Kebo


Meski pohon karet kebo banyak dijumpai dialam liar, tak sedikit juga yang mencoba untuk membudidayakannya. Lihat saja diberbagai website toko online banyak yang menjual bibit dari pohon karet kebo. Harga yang ditawarkanpun beragam tergantung dari tinggi pohon yang dijual. berikut ini adalah tabel harga pohot karet kebo sesuai tinggi batangnya.


Harga Tanaman Karet Kebo Berdasarkan Ukuran:

Ukuran Harga
tinggi 50-70 cm IDR 150.000,-
tinggi 1 meter IDR 250.000,-
tinggi 1,5 meter IDR 300.000,-
tinggi 2 meter IDR 375.000,-
**Harga diatas merupakan harga yang didapat dari berbagai sumber waktu artikel ini ditulis dan tidak menjadi acuan pasti, ketidaksesuaian harga mungkin saja terjadi

Tanaman Pohon karet kebo memang cukup mudah dijumpai sebagai tanaman pelindung. Ini karena ciri-ciri pohon karet kebo yang menyerupi pohon beringin yang berdahan rindang dan sejuk. Namun tak terkadang ukuran pohon karet yang besar sering kali menjadi masalah tersendiri. Seperti pohon karet kebo yang tumbang atau pohon yang condong dan membahayakan sehingga pohon karet kebo harus ditebang. Perbanyakan pohon karet kebo ini bisa dengan stek batang. Perawatan yang mudah cukup dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Semoga bermanfaat !


Artikel Budidaya Tanaman Buah Lainnya :

Copyright © 2018 Budidaya Tanaman Buah